MATARAM. Jajaran PDAM Giri Menang serius ingin meraih sertifikat dari International Organization for Standardization (ISO) 9001:2008 di 2016 mendatang. Mengawali tekad tersebut, kemarin, digelar pelatihan dan pengenalan mengenai pengembangan sistem dan sertifikasi ISO 9001:2008 di aula Sekretariat PKK NTB di Mataram.
Kegiatan ini diikuti sejumlah karyawan PDAM dan dibuka langsung Dirut PDAM Giri Menang, H. Lalu Ahmad Zaini. Pembicara didatangkan langsung dari perusahaan konsultan, PT. Ratama Mitra Kualitas.
Kepada wartawan, Dirut mengatakan, start pertarungan untuk mendapatkan ISO resmi dimulai hari ini (tanggal 24 Juni 2015). Seluruh karyawan telah diberinya motivasi agar bersemangat dan optimis mampu mendapatkan predikat prestise tersebut.
“Menjadi pemenang itu tidak mungkin tercapai tanpa adanya kerja keras. Dan untuk meraih target ini, semua jajaran tidak bisa mengandalkan kerja individu namun harus bekerja sama,” kata Zaini.
Langkah awal yang perlu dilakukan sebagai upaya meraih ISO, menurut Zaini, adalah semua karyawan harus merubah mind set (pola pikir) yang dimiliki. Mereka saat ini dituntut bekerja dengan standar dan mekanisme tertentu. Semua memiliki target masing-masing sehingga tak ada istilah bisa bermalas-malasan dlam bekerja.
“Perusahaan dalam hal ini hanya mendorong dan menunjukkan jalan. Untuk mendapatkan ISO, sudah dilakukan penandatanganan oleh semua karyawan sebagai komitmen mereka mendapatkannya,” ujar Zaini.
Pihak konsultan, terang Zaini, dalam hal ini juga akan mendampingi perusahaan untuk membuat standard operational proscdure (SOP). Jika SOP telah ada dan berjalan dengan baik, maka sertifikat ISO akan mudah digenggam. Publik pun kemudian akan yakin jika semua prosedur yang ada di PDAM berjalan dengan baik.
Sementara di internal perusahaan, dibentuk tim manajemen representativ (MR) yang akan bertugas mengawal pelaksanaan sistem sesuai SOP untuk mendapatkan ISO. Mereka juga berkewajiban menjembatani dirut dengan pihak konsultan untuk memantau dan memastikan semua sistem berjalan dengan baik.
“Jika semua berjalan dengan baik dan ISO diraih, tentunya akan berdampak juga pada kesejahteraan para pegawai,” tandasnya.
Sementara itu, Henry Darwin, Direktur Marketing dan Pengembangan Perusahaan PT. Ratama mengatakan, untuk meraih ISO harus diawali komitmen mulai dari top level perusahaan hingga ke jajaran dibawahnya. Dan direksi PDAM sudah melakukan hal itu.
“ISO ini sebenarnya tidak terlalu penting. Tapi dengan diraihnya predikat ini, tentunya akan menjadi bukti jika PDAM sudah memiliki SOP,” kata Henry.
Pada prinsipnya, salah satu tanda jika ISO telah berjalan adalah segala hal yang berlangsung di perusahaan tercatat atau terdokumentasi. Sementara jika ISO dan SOP telah dimiliki maka bisa dipastikan PDAM mempunyai sistem yang baik.