Key Performance Indicators (KPI)
Definisi dan pentingnya KPI
Setiap perusahaan tentunya membutuhkan alat pengukuran dan pemantauan didalam pemastian pencapaian kinerja. Oleh karena itu, diperlukan alat ukur yang dikenal dengan istilah Key Performance Indicators (KPI). Warren (2011) mendefinisikan KPI sebagai pengukuran yang menilai bagaimana organisasi menjalankan visi strategisnya. Tanpa KPI suatu perusahaan dapat kehilangan arah dan sulit untuk mengukur, memantau, atau meningkatkan kinerja secara efektif. Dengan penerapan KPI yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, merespons dengan lebih baik terhadap perubahan pasar, dan mencapai tujuan bisnis secara lebih konsisten dan efisien.
Manfaat penerapan KPI bagi Perusahaan (Manajemen)
Dengan adanya visi dan misi perusahaan yang kemudian diturunkan dalam Master Business Plan, Corporate Plan. Maka dengan adanya KPI dapat dipastikan:
- Top Management / Direksi dapat dengan pasti mengetahui dan menentukan apa saja yang menjadi focus strategy ditahun tersebut.
- Top Manajemen akan mendapatkan informasi akan KPI mana saja yang menjadi KPI Direksi dan kemudian diturunkan menjadi KPI Kabag / Kasubag dan sampai dengan KPI Personnel.
- Jelasnya akan apa yang akan dicapai oleh suatu Bagian atau fungsi didalam pemastian pencapai KPI Top Manajemen.
- Top Manajemen akan mempunyai keyakinan bahwa dengan KPI yang telah disusun akan sangat berdampak pencapaiannya kepada aspek K3 dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.
- Top Manajemen akan sangat mudah memastikan strategy dan pencapaian dari setiap KPI yang telah ditentukan, khususnya dashboard system.
- Top Manajemen akan sangat mudah memastikan realisasi kinerja perusahaan dibandingkan dengan budget yang telah disusun.
- Top Manajemen akan mengetahui kompetensi dari seluruh karyawan.
Manfaat penerapan KPI bagi Karyawan/Pegawai
Pengelolaan kinerja pegawai melalui sistem KPI memberikan sejumlah manfaat positif bagi perusahaan, diantaranya adalah:
- Melalui metode Key Performance Indicators (KPI) maka kinerja setiap pegawai dapat dievaluasi secara lebih obyektif dan terukur, sehingga dapat mengurangi unsur subyektivitas yang sering terjadi dalam proses penilaian kinerja pegawai.
- Melalui penentuan Key Performance Indicators (KPI) secara tepat, setiap pegawai juga menjadi lebih paham mengenai hasil kerja yang diharapkan darinya. Hal ini akan mendorong pegawai bekerja lebih optimal untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.
- Melalui penetapan Key Performance Indicators (KPI) yang obyektif dan terukur, maka proses pembinaan kinerja pegawai dapat dilakukan secara lebih transparan dan sistematis.
- Hasil skor Key Performance Indicators (KPI) yang obyektif dan terukur juga dapat dijadikan dasar untuk pemberian reward dan punishment pegawai. Dengan demikian, pegawai yang kinerjanya lebih bagus akan mendapat reward, sebaliknya yang kerjanya kurang baik akan mendapat punishment.
- Terbentuknya budaya perusahaan (seperti pola pikir yang lebih berorientasi kepada proses dan baru kemudian hasil)
Apa yang dapat RMC bantu di perusahaan anda?
Project consultation: Pengembangan dan Implementasi Key Performance Indicators (KPI)
Training: In House Training (IHT) dan Public Training
Apa yang dimaksud dengan Project consultation: Pengembangan dan Implementasi Key Performance Indicators (KPI)?
Yang dimaksud dengan Project consultation: Pengembangan dan Implementasi Key Performance Indicators (KPI) adalah proses dimana konsultan bekerja sama dengan tim manajemen dan departemen terkait untuk merancang dan menerapkan sistem pengukuran kinerja yang efektif. Langkah pertama melibatkan pemahaman mendalam terhadap tujuan bisnis perusahaan serta strategi yang diterapkan. Berdasarkan informasi ini, konsultan akan membantu dalam pemilihan KPI yang relevan dan dapat diukur dengan jelas. Selanjutnya, kosultan membimbing dalam menetapkan metode pengukuran, penetapan target, dan membantu dalam pengumpulan data serta analisis kinerja. Selama proses ini, konsultan juga memberikan saran terkait penyesuaian atau perbaikan KPI yang mungkin diperlukan. Konsultasi KPI bertujuan untuk memastikan bahwa sistem pengukuran kinerja yang diterapkan sesuai dengan visi dan misi perusahaan, serta dapat memberikan pandangan yang akurat terhadap pencapaian tujuan bisnis.
Manfaat mengikuti training Key Performance Indicators (KPI)
- Memahami konsep dasar Key Performance Indicator dan Balanced Scorecard.
- Memahami bagaimana membangun strategy-focus organization dengan menggunakan Balanced Scorecard.
- Memahami proses penyusunan Key Performance Indicator.
- Memahami proses penjabaran KPI perusahaan menjadi KPI departemen dan KPI personnil.
- Memahami langkah – langkah implementasi KPI dalam memacu kinerja perusahaan.Â
Materi training Key Performance Indicators (KPI):
- Menyusun KPI Perusahaan Berdasarkan Permen BUMN No 11/MBU/11/2020
- Menyusun KPI Berdasarkan Balanced Scorecard (BSC) dan Main Process Bisnis
- Alignment KPI dengan Struktur Organisasi dan Mapping Business Process
- Menyelaraskan KPI Dengan BPM dan Struktur Organisasi Perusahaan
- Mencascading KPI Corporate menjadi KPI Personel
- Cara Menyusun KPI Personel dengan Mudah
Metode Pelatihan
Adapun yang menjadi nilai lebih dari metode pelatihan kami yaitu:
- Penyampaian interaktif, best practice, tanya jawab
- Workshop menggunakan data perusahaan/permasalahan yang terjadi dalam perusahaan
- Pre-test dan post-test
Siapa yang seharusnya hadir dalam training Key Performance Indicators (KPI)?
Para Manager, Supervisor maupun Staff yang terlibat dalam pengukuran kinerja karyawan
Benefit
• Materi training dalam bentuk hardcopy dan softcopy untuk 20 peserta
• Sertifikat Ekslusif untuk semua peserta yang hadir
• Doorprize 3 pcs untuk peserta terbaik pada saat pelatihan
Konsultan Ahli
Dr. Ir. Hermansyah, MM., MMC., CHRA., CSBA., CQC., MPM., CFP., CLA
RMC telah banyak membantu perusahaan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan Key Performance Indicator (KPI), adapun perusahaan yang telah kami bantu yaitu:
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015
- Pengembangan Penerapan KPI (Key Performance Indicator)
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015
- Development & Implementation of KPI
- Pengembangan dan Implementasi KPI
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan functional Strategy Key Performance Indicator (Workshop Penyusunan KPI Personel), 2023
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015.
- Pengembangan dan lmplementasi KPI dan SOP Berbas.is. Kinerja Serta Pendampingan Sertifikasi ISO9001 :2015 di Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pancur Aji, kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 2022Â
- Pelatihan Pengembangan dan Penerapan KPI dan Yearly Corporate Plan
Sharing Knowledge KPI
Butuh konsultasi/pelatihan mengenai KPI?
Segera hubungi kami di:
Email: marketing@ratama.co.id
WA Center: +62 812 1344 6597